Selasa, 17 September 2019

Sejarah Kebudayaan Islam




Islam ialah agama yang seperti itu besar dan sekarang sudah menyebar ke pelbagai penjuru dunia. Mulai dari negara dengan pemeluk Islam mayoritas sampai yang minoritas malahan ada. Dan perkembangan Islam yang seperti itu luas ini tentu tak lepas dari sejarah kebudayaan Islam, di mana para pendahulu agama hal yang demikian sudah lewat pengorbanan hebat untuk menyebarkan dan mempertahankannya.



Nah, sebagai umat Islam, tentu saja sungguh-sungguh penting bagi Anda ikut serta mengetahui, meskipun cuma secara garis besar perihal sejarah yang penuh makna ini. Termasuk untuk sejarah Islam di Indonesia. Dan untuk runtutan sejarahnya secara komplit, kabarnya dapat Anda simak dalam review berikut ini.

Sejarah kebudayaan islam




1. Pengertian per kata

Berdasarkan susunan katanya, sejarah kebudayaan Islam terdiri dari 3 kata, adalah sejarah, kebudayaan, dan Islam. Ketiga kata ini mempunyai makna yang berbeda-beda untuk masing-masin katanya. Dan untuk kata pertama, adalah sejarah, di sini berdasarkan bahasa berasal dari kata Syajarah. Syajarah sendiri dalam bahasa Indonesia berarti pohon.



Jikalau masih di kaitkan dengan pohon, karenanya sejarah berarti semua hal yang berhubungan dengan pohon hal yang demikian mulai dari pertumbuhannya sampai menjadi besar.

Meski dalam istilah yang lebih luas, sejarah dapat di pahami sebagai catatan secara rinci perihal semua sesuatu yang terjadi. Dan yang namanya catatan, tentu saja objeknya ialah apa yang terjadi di masa lalu.

Berikutnya, untuk kata kebudayaan ialah sebuah kata yang mempunyai kata dasar kultur. Meski secara istilah, kebudayaan di pahami dengan semua usaha yang di lakukan manusia untuk menerima hasil akan sesuatu sehingga dapat memberi manfaat.

Dan Islam sendiri mengacu pada agama yang diwariskan pada Nabi Muhammad dengan penganut yang sekarang semakin bertambah.

2. Pengertian secara komplit

Secara awam, saat tiga kata ini di gabungkan, tentu saja akan mengacu pada satu arti tertentu. Dan makna yang di maksud di sini ialah catatan komplit mengenai perjalanan umat Islam.

Catatan ini meliputi semua hal yang sudah di hasilkannya, bagus dalam menggapai kemashlahatan hidup ataupun kehidupan manusia. Dan mempelajari sejarah ini akan memberikan banyak manfaat.

Sejarah Kebudayaan Islam Secara Garis Besar
Secara garis besar, kalau membahas perihal sejarah kebudayaan Islam, tentu saja segala berawal dari lahirnya Rasulullah di Makkah pada tahun Gajah.

Kemudian, wahyu turun untuk pertama kalinya saat Rasulullah berusia 40 tahun di gua Hira’ dan Islam malahan hadir di tengah masyarakat Makkah. Melainkan, dengan kecaman masyarakat yang tinggi, 10 tahun kemudian Nabi hijrah ke Madinah.

Keok itu Madinah bernama Yastrib dan kedatangan Nabi beserta teman Muhajirin di terima dengan bagus. Hasilnya Rasulullah membangun kehidupan masyarakat Madinah sebaik mungkin dalam banyak bidang, termasuk sosial dan ekonomi.

Malahan, Rasulullah cakap mempersatukan masyarakat Madinah yang berbagai suku agama dalam satu dasar negara, adalah piagam Madinah.



Keok itu kehidupan masyarakat Madinah sungguh-sungguh tenteram meskipun ada sebagian peperangan dan permasalahan, melainkan dapat teratasi. Sampai akibatnya wafatlah Rasulullah dan kepemimpinannya di gantikan oleh masa khulafaur Rasyidin.

Pada masa hal yang demikian, Islam sedang dalam misi ekspansi atau perluasan kawasan. Sehingga tak heran kalau perang penakhlukan kawasan kerap tejadi.

Melainkan, akibatnya masa khulafaur rasyidin mulai usai dengan pemberontakan Muawiyah di masa Ali dan kekhalifahan Islam di gantikan dengan Daulah Bani Umayyah.

Pada masa ini metode pemerintahan berlangsung dengan metode monarki dan perkembangannya tak seberapa di bandingkan masa berikutnya. Dinasti Umayyah ini akibatnya di gulingkan dinasti Abbasiyah.

Daulah Bani Abbasiyah mengendalikan bangku kekhalifahan Islam selama berabad-abad lamanya. Melainkan, akibatnya dinasti ini roboh dampak serangan Mongol pada abad ke 13.

Dan masa-masa hal yang demikian ialah tahun di mana Islam mulai masuk Indonesia dan ialah permulaan dari pena sejarah mulai mengukir sejarah kebudayaan Islam di Indonesia.

Dinasti Abbasiyah ini memang mempunyai banyak sekali keberhasilan pada masa kepemimpinannya. Khusus dalam bidang ilmu pengetahuan, banyak sekali penemuan kreatif dan kemajuan yang sudah di donasikan dalam literatur Islam.

Demikian juga dalam hal perluasan kawasan. Melainkan, kalau permasalahan ekspansi, masih ada satu daulah lagi yang lebih menarik untuk di bahas di sini.

Perlu di kenal bahwasanya Islam pernah menempuh spot kejayaannya sampai sukses menakhlukkan hampir sepertiga belahan bumi. Tapi ini terjadi masa kekhalifahan Utsmaniyah di bawah naungan Turki Utsmani di mulai.

Turki Utsmani dulunya sungguh-sungguh berjaya di Eropa yang menorehkan banyak sejarah islam di Eropa. Melainkan akibatnya roboh pada tahun 1924 yang sekalian mengakhiri sejarah kekhalifahan umat Islam di semua dunia.

Terimakasih telah melihat artikel ini. Ini adalah persembahan dari Sewa Kipas Murah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar